Monday, October 7, 2013

Jogging, My Best Living Moment


Saya lahir dan dibesarkan di Jakarta. Waktu saya kecil (kira-kira tiga dekade lalu), Jakarta belum sepadat sekarang. Percaya atau tidak, udaranya masih sejuk dan bersih, terlebih di pagi hari. Kicauan burung di pepohonan masih terdengar bersahut-sahutan dengan kokok ayam jantan tetangga. Tidak mengherankan jika pada masa itu keluarga kami punya kebiasaan bangun pagi dan berolahraga di taman dekat rumah. Di situlah saya rutin bersepeda ataupun jogging.

Latihan lari atau jogging memang baik bagi kesehatan, terlebih bila dilakukan di alam bebas. Dalam sebuah studi di tahun 2011 yang dimuat di Medicine & Science in Sports & Exercise ditemukan bahwa orang yang berjalan di luar ruangan memiliki langkah lebih cepat, lebih sedikit mengerahkan tenaga, dan mengalami emosi positif lebih banyak daripada mereka yang berjalan di atas treadmill di dalam ruangan. Mantan Presiden AS Ronald Reagan, bahkan pernah berkomentar bahwa kegiatan olahraga di luar ruang “berharga seperti hidup itu sendiri”.

Kini setelah dewasa dan membina rumah tangga, beruntung sekali saya bisa tinggal di sebuah kawasan asri yang geliat pembangunannya berdetak sangat dinamis. Kawasan yang saya maksud adalah BSD City di Tangerang Selatan. Kawasan yang dikembangkan oleh grup properti terkemuka Sinar Mas Land ini telah beberapa kali memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya Indonesia Green Award 2011 melalui BSD Green Office Park. Kawasan perkantoran ini mendapat penghargaan karena dapat meredam panas matahari, menyerap air hujan, menekan polusi, dan menurunkan suhu lingkungan sehingga produktivitas kerja bisa meningkat. (Klik di sini untuk mengetahui tentang Sinar Mas Land)

My son Rafa and me in front of BSD Green Office Park


Sejak tinggal di kawasan BSD City, saya kembali akrab dengan olahraga jogging. Sebisa mungkin saya menyempatkan diri mampir ke Taman Kota untuk berolahraga selama 30 menit-1 jam selepas mengantarkan si kecil ke sekolah. 

Oleh karena itu saya sangat bersemangat ketika mengetahui bahwa BSD City terpilih menjadi tuan rumah ajang Adidas King of The Road (KOTR) 2013.  KOTR adalah lomba lari yang diadakan di 5 negara di Asia Tenggara: Filipina, Singapura, Thailand, Indonesia, dan Malaysia dengan total pelari yang berpartisipasi sebanyak 33.400 orang. Di Indonesia, Adidas KOTR 2013 mengusung tema “All In For Indonesia” dan diadakan pada Minggu pagi, 29 September yang lalu, dengan titik start/finish di BSD Green Office Park. Ada tiga jarak lari yang dilombakan, yaitu 16,8 km, 10 km, dan 5 km. (Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak mengenai event KOTR 2013).

Walaupun saya melakukan jogging just for fun, tapi rasanya menantang juga untuk mengikuti lomba bergengsi bertaraf internasional seperti KOTR.



Adidas King of The Road 2013 banner at the Jakarta-Tangerang toll road


Namun apa mau dikata, ternyata saya terlambat mendaftar sebagai peserta dalam ajang ini :(. Meskipun demikian, tidak surut semangat saya dan keluarga untuk hadir sebagai penonton. Kami bersenang-senang menyaksikan ribuan pelari yang turut berlomba. 

The 10K runners: awesome with their colorful jerseys :)
Could you count how many runners were in this pic?
   
Warna-warni jersey mereka membuat suasana pagi itu menjadi cerah. Anak saya berjoget-joget mengikuti tabuhan drum para pemusik ketika bendera tanda start siap diangkat. 

Drummers and DJ added spirit to the runners

The 5K runners: here comes the flag

Wow, benar-benar fantastis! Hebatnya, dengan ribuan peserta yang berpartisipasi, lomba tetap bisa berjalan lancar dan seru. Selamat untuk semua peserta, panitia, dan tentu saja para pemenang. Awesome event! Watching this was definitely one of my best living moment!
(Klik di sini untuk mengetahui hasil lengkap lomba).

     Sebagai penutup, berikut sedikit kata-kata penyemangat untuk kita semua agar kita terus memacu diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi:
  
“If you challenge yourself, you will grow. Your life will change. Your outlook will be positive. It’s not always easy to reach your goals but that’s no reason to stop. Never say die. Say to yourself ‘I can do it. I’ll keep on trying until I win.'
~Richard Branson~

Siap-siap, tahun depan pasti saya tidak akan ketinggalan!


Many blessings, peace and love,
-angel apprentice-



 

2 comments:

  1. halah gue juga baru tau ada event itu jo, laen kali kalo lo mau ikutan ajakin gue yaaaa, kan gue juga deket!

    ReplyDelete
  2. pengen banget deh punya rumah di komplek bertaman bagus begitu...mauuuuu....kapan-kapan ajakin keliling disana ya mba..:)

    ReplyDelete